View Full Version: Kosakata percakapan bahasa jepang sehari-hari

SD Kyo Indo > Historical Base > Kosakata percakapan bahasa jepang sehari-hari


Title: Kosakata percakapan bahasa jepang sehari-hari


Haruhi - February 24, 2007 04:26 AM (GMT)
ini adalah kata2 dalam bahasa jepang yang biasa digunakan dalam bahasa sehari-hari, dan biasanya sering muncul dalam roleplay:

Ohayou : selamat pagi

Konnichiwa : selamat siang

Konbanwa : selamat malam

Genki desu ka/Genki? : apa kabar?

Gomennasai / Gomen : Maafkan aku.

Daijobu desu ka / daijobu? : Kamu baik-baik saja?

Baka : bodoh

sugoi : hebat!

Ja nee : bye bye!

mata ashita : sampai bertemu besok

sayonara : selamat tinggal

Oyasumi : selamat tidur.

Ganbatte ne! : berjuang, ya!

sementara segini dulu, nanti akan saya update lagi ^^

eLru - March 7, 2007 01:57 PM (GMT)
Irasshaimase : selamat datang

Tadaima : aku pulang

hontou? : benarkah??

kakkooi : keren

sukebe : cabul / mesum -.-;

arigatou : terima kasih

dou itashimashite : terima kasih kembali

shotakon : pedofil,bwakkakakakak...:P

AkiraHotaru - March 11, 2007 03:17 PM (GMT)
onee-san: kakak cewe
onii-san: kakak cowo
okaa-san/haha: ibu
otoo-san/chichi: ayah
ojii-san: paman
obaa-san: tante

AkiraHotaru - March 12, 2007 07:08 AM (GMT)
akhiran
-san: untuk normal, biasanya buat yang baru ketemu/belom akrab
-chan: untuk anak kecil atau orang yang akrab
-kun: untuk cowo
-han: normal untuk logat kansai(kalau ga salah)

kata ganti orang pertama
watashi: saya(formal)
atashi: aku(cewe)
boku: aku(cowo)
ore: gw
watashi/ore/bokutachi: kami

kalau ada yang lain, tolong tambahin

Reign Han - March 17, 2007 09:38 PM (GMT)
-sama: peringkat paling tinggi. Dipakai untuk orang yang lebih tua/lebih tinggi derajatnya.
-dono: setingkat dibawah -sama, tapi juga menandakan rasa hormat.
-(kosong): untuk memanggil orang yang derajatnya dibawah kita.

ini gw tambahin 3 akio^^
sumber : komik basilisk

Yukimura Sanada - March 18, 2007 03:40 AM (GMT)
tambahan smua kata subjek (watashi/ore/boku/kimi/anata dll) ditambahin tachi berarti jamak

contohnya:
watashitachi = kami
anatatachi = kalian

tambahan:

aitsu = dia
aitsutachi = mereka

AkiraHotaru - March 19, 2007 03:42 AM (GMT)
doumou. tambahan lagi:
-sensei: guru/dokter
-sempai: senior

AkiraHotaru - March 21, 2007 04:50 PM (GMT)
istilah di jaman sekitar edo:
*samurai: orang yang memeliki sifat atau perkerjaan sebagai samurai
*wanita samurai: wanita yang setia, tidak selingkuh, dll.(memiliki sifat samurai tapi bukan samurai. biasanya diperuntukkan untuk wanita yang sudah menikah)
*rounin: samurai tanpa tuan. biasanya suka mengacau
*keluarga samurai: keluarga yang berlatar belakang berpekerjaan samurai. dulu punya derajat lebih tinggi dari masyarakat biasa)
*katana: pedang jepang yang panjang
*harakiri/seppuku: memotong perut dengan pedang pendek, lalu kepala ditebas oleh seorang kaishakunin
*kaishakunin: seorang yang memenggal kepala orang yang melakukan seppuku. biasanya orang yang akrab dengan si pelaku

*ninja: orang yang ditih dalam pertarungan jarak dekat maupun jauh. biasanya disewa untuk membunuh dan bergerak di malam hari
*shinobi: ninja laki-laki
*kunoichi: ninja wanita
*shuriken: semacam besi yang berbentuk bintang, dipakai untuk melempar
*makabishi: semacam besi berduri yang dipakai dengan cara di lemar ke lantai.

*daimyo: tuan tanah
*daifuku: keshogunan

*geisha: wanita yang menjual kemampuan seninya, misal main alat musik, baca puisi, menari, dsb(bukan psk)
*maiko: geisha yang masih dalam pelatihan
*shamisen: alat musik jepang berbentuk kotak, dimainkan dengan cara digesek dengan penggeseknya(alat musik yang sama dengan yang dibawa Jiyuri An)
*koto: alat musik yang dimaikan dengan cara dipetik, hampir sama dengan kecapi
*Shakuhachi: seruling bambu

*miko: abdi kuil(pasti wanita)
*shinto: agama yang memuja dewa matahari, mirip dengan agama buddha

kalau ada yang mau nambahin atau ngoreksi silahkan.

toshi-kun - April 2, 2007 05:40 AM (GMT)
koreksi....shamisen bukan digesek...

shamisen adlah alat musik tradisional dengan cara dipetik yg menggunakan alat khusus berbentuk spt daun ginko...
senarnya ada 3, bentuk spt rebab tp bag. bwhnya agak berbentuk kotak

trus sama daifuku....

kalo keshoguunan itu bakufu......spt tokugawa bakufu dsb.....

AkiraHotaru - April 2, 2007 02:40 PM (GMT)
Oh iya. Gomen, lupa. Doumou arigatnu, toshi-kun.

eLru - April 6, 2007 11:11 AM (GMT)
wew....akio ol pke hp lg..-.-;

AkiraHotaru - April 6, 2007 03:11 PM (GMT)
haha. gomen ne.

RAIHA NU KASEP PISAN - April 8, 2007 03:31 AM (GMT)
cuma nambahin dikit
omae,kisama,anta:dia

akhiran
-nai:buat kata2 negatif

wakamono kotoba(bahasa gaul)
ohayou--->oha/ohassu
(awalan)cho-/mecha-:sangat

kata kerja
kimochi ga warui---->kimoi:ga mood/bt

dah segitu dulu*lupa bawa listnya*

AkiraHotaru - April 26, 2007 10:03 AM (GMT)
baru nyadar, ternyata daifuku itu sejenis mochi... hontou ni gomen.
@raiha: kisama itu bukannya sh**?

Kira - September 3, 2008 08:32 AM (GMT)
em, mau membetulkan...kalo salah, tolong beritahu ya^^

PB
@raiha: 'omae' kalo nggak salah dipake untuk menyatakan 'kamu' secara agak kasar...ya kan?

oh ya, 'anata' tu emang dipake buat menyatakan 'kamu' tapi dengan perasaan lebih...ehem, mesra

segini aja...^^

Panda-san - September 16, 2008 11:57 AM (GMT)
hitsuji>>domba
shitsuji>>butler

pas mo nulis kuro shitsuji, panda malah nulis kuri hitsuji.....cacat2

nekotama - October 11, 2008 12:06 PM (GMT)
Namanya juga Panda-san, kalo gak salah mah bukan panda-san namanya

Panda-san wa karada ga kurokute shirokute ookii desu.

Panda-san - October 12, 2008 10:49 AM (GMT)
it artiny badan panda-san item pth n gede?bner ga?

nekotama - March 28, 2009 05:09 AM (GMT)
hai, sou desu.
panda-san wa asanebo. ohohohoho~

Panda-san - March 28, 2009 05:24 AM (GMT)
nyot2 nyot2

eLru - July 17, 2010 02:23 PM (GMT)
ohisashiburi..




* Hosted for free by zIFBoards